Header Ads

100% SuperCharged Bonus

STRATEGY KELUAR PASAR (EXIT STRATEGY)


Salah satu yang membedakan antara trader yang sukses dan trader yang gagal pada umumnya adalah mereka mempunyai rencana untuk keluar dari pasar, baik itu dalam kondisi profit ataupun loss. Seorang trader sukses, Van K Tharp adalah pendiri dan juga presiden International Institute of Trading Mastery. Dalam karirnya ia telah mengumpulkan dan meneliti lebih dari 5.000 profil trader yang sukses diseluruh dunia. Van K Tharp mengatakan " Menurut saya, jika Anda tidak mempunyai trading sistem sedikitnya Anda tahu ketika akan keluar dari pasar pada waktu Anda masuk".

Menurut Van K Tharp ada 4 kategori exit secara umum yaitu exit yang membuat inisial kerugian kecil, exit yang memaksimalkan keuntungan Anda, exit yang meminimalkan berapa banyak profit yang telah Anda berikan kembali, dan exit secara psikologis. Faktor psikologis selalu datang dalam permainan trading jangka pendek.

Merencanakan eksekusi untuk keluar pasar jauh lebih penting daripada perencanaan dan eksekusi untuk melakukan entry posisi. Meskipun entry kita benar, tetapi jika kita salah menerapkan exit strategy, apa yang kita lakukan akan menjadi sia-sia. Banyak trader mengecilkan makna exit strategy sehingga jarang memperhitungkan level harga mana yang telah mengalami kesalahan. Padahal, exit strategy atau close positions akan berpengaruh pada keuntungan ataupun kerugian dari transaksi yang kita jalankan.
Diberdayakan oleh Blogger.