Header Ads

Zero Spread Account

DOW THEORY (Bag. 1)

Jika anda seorang trader yang mengedepankan analisa teknikal sebagai referensi pengambilan keputusan untuk bertransaksi atau tidak, anda harus mengenal  pondasi dasar dari analisa teknikal. Teori Dow  merupakan cikal bakal analisa teknikal yang semakin berkembang luas tanpa batas dewasa ini. Teori Dow merupakan rangkuman tulisan-tulisan dari pendiri The Wallstreet Journal yaitu Charles Dow Jr yang menuliskan hasil risetnya dalam artikel-artikel yang ada pada koran legenda tersebut. Teori Dow dirangkum dan menjadi acuan para chartis untuk mengembangkan analisa teknikal mereka. Teori Dow dirangkum oleh para pengikutnya yakni Hamilton dan berbagai nama lainnya. 

Pada dasarnya begitu banyak tulisan Dow yang sangat berguna dalam memprediksi pergerakan harga market, namun ada 6 prinsip dasar yang menjadi pondasi dasar para pengikut Teori Dow. Teori Dow yang telah ditemukan lebih dari seabad telah semakin berkembang, relevansi teori Dow ini terhadap market saat ini semakin samar. Namun untuk para chartist, ini adalah langkah awal yang harus diketahui oleh seorang analis teknikal sebelum melangkah pada analisa yang lebih jauh. Perlu diketahui bahwa Dow meriset tentang pasar saham, perlu penyesuaian yang lebih untuk  mengaplikasikannya pada pasar forex. 

Jika anda pernah mendengar tentang Dow Jones Industrial Index dan Dow Jones Rail Index, ini adalah salah satu ciptaan Charles Dow. Karena menurut  pendapat Dow, gambaran besar ekonomi yang akurat terdapat pada dua segmen yaitu  industri dan transportasi. Dan para investor masih menggunakan indeks ciptaan Dow ini karena para investor setuju dengan pendapat Dow. Mari kita bedah dengan singkat 6 prinsip teori Dow yang mendunia ini. Sebagai seorang trader, adalah sebuah keharusan memiliki pengetahuan ini. Ibarat anda ingin sekolah, anda harus bisa membaca dan menulis, maka dari itu jika ingin jadi trader, anda  harus memahami Teori Dow terlebih dahulu.

Markets Discounted Everythings (pasar menyerap segalanya)
Prinsip pertama teori Dow yang paling vital ini membuat anda mengerti mengapa banyak  trader yang memutuskan menjadi seorang analis teknikal, dikarenakan menurut Dow, harga yang tertera dalam chart anda (pasar) telah  menyerap  segala informasi yang ada. Informasi tersebut masuk ke dalam harga dan tercermin dengan jelas aksi dari keserakahan maupun kepanikan hingga data inflasi maupun pengumuman kebijakan ekonomi lainnya. Segala informasi tersebut tercermin dalam harga yang anda lihat di pasar. Maka dari itu para pengikut Dow kebanyakan menitikberatkan fokus mereka pada harga.

Tiga Jenis Trend
Dow dengan rinci membedakan pergerakan pasar secara keseluruhan. Menurut Dow pergerakan market trend terdiri dari 3 jenis. Dow menganalisa keseluruhan aspek harga untuk mengidentifikasi trend. Pada dasarnya trend adalah pergerakan rally satu arah dalam sebuah instrument. Mari kita lihat gambar di bawah ini:


Trend secara visual mudah dilihat hanya dengan lirikan mata dari arah kiri ke kanan dengan fokus harga sedang bergerak naik dalam chart di atas. Namun coba perhatikan garis merah yang akan kita sebut low price dan garis biru yang high price. Dalam sebuah trend, biasanya terdapat low price yang menaik dan high price yang semakin tinggi dalam trend naik. Jika trend pasar sedang menurun makan akan berlaku kebalikannya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.