Header Ads

Zero Spread Account

DOW THEORY (Bag. 3) || TIGA FASE DALAM TREND

Dow menyatakan trend primer sangat penting untuk dipahami, untuk itu Dow merincikan sebuah trend primer terdiri dari tiga fase. Awal dari trend primer disebut fase akumulasi kemudian di ikuti fase partisipasi dan terakhir disebut dengan fase panik atau ekses. Dow merincikan trend primer supaya para investor tidak terjebak pada akhir trend yang dapat membuat anda kehilangan margin yang cukup besar. Mari kita lihat contoh di bawah ini:

Fase Akumulasi

Fase Akumulasi

Trend awal yang selalu dimulai dengan fase  akumulasi yang dimana adalah start dari sebuah trend. Fase muncul setelah terjadi trend menurun ataupun sideway. Dan menurut history data, fase ini muncul setelah data-data mengkonfirmasi pergerakan high yang menaik secara perlahan ini. Terkadang kita sebagai trader retail kurang peka terhadap fase ini, karena keterbatasan  informasi yang dimiliki oleh para trader professional.  Namun jika anda lebih teliti mungkin anda dapat terlibat dalam fase ini. 

Fase Partisipasi

Fase Partisipasi

Fase partisipasi merupakan inti dari trend primer, karena fase ini adalah fase terpanjang dari sebuah trend primer. Bukan cuma dari segi waktu, namun juga volumenya sangat panjang dari fase-fase lainnya. Biasanya data-data ekonomi sudah  mengkonfirmasi untuk selaras dengan trend  seperti chart di atas. Para trader teknikal pengikut Dow akan bersama-sama mengambil posisi follow trend pada fase ini.

Fase Panic / Ekses

Fase Panic / Ekses

Ini merupakan fase terakhir yang dinyatakan Dow setelah pasar bergerak kuat (fase partisipasi). Fase panic atau fase ekses (sisa) merupakan tempat dimana para investor pintar akan mulai  menutup posisi follow trend sebelumnya dan menjual kepada investor panic yang baru akan mulai masuk pasar. Pada posisi ini ditandai dengan antusiasme yang berlebihan dengan melihat pergerakan kuat yang terjadi pada instrument tersebut. Pada fase ini akan banyak investor yang “telat” mengikuti pergerakan pasar merasakan pahitnya tertinggal oleh trend. Karena Dow menyatakan inilah fase terakhir dari sebuah trend primer.

Biasanya para trader mengatakan inilah buy di puncak harga atau sell di lembah. Seperti itulah kira-kira karena kepanikan terhadap sebuah trend tanpa melihat fase-fase ini bisa membuat anda terlihat seperti orang bodoh yang melakukan spekulasi tanpa perhitungan jelas.

Pada fase ini pula, perhatian yang lebih seharusnya tertuju kepada tanda-tanda pada pelemahan trend, seperti menguatnya tekanan harga ke bawah, melemahnya kekuatan untuk naik, dan sebagainya. Tanda seperti ini bisa menjadi pertanda mulai berakhirnya trend naik primer dan mulai dekatnya kepada trend primer turun.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.