Header Ads

100% SuperCharged Bonus

DOW THEORY (BAG. 2) || TIGA JENIS TREND

TREND MAJOR 
Dow menyatakan trend major merupakan aspek paling penting untuk mengambil keputusan berdasarkan trend. Karena trend major  adalah  faktor penting yang mempengaruhi dua jenis trend lainnya. Menurut tulisan Dow, trend major  biasanya berlangsung dari satu tahun sampai tiga tahun. Namun sayangnya saat ini trend major  terkadang tidak terjadi dalam waktu selama yang dituliskan Dow pada jamannya.

Trend Major

Dari chart di atas kita melihat trend primer sedang bergerak naik. Dow tidak memperhatikan berapa panjang sebuah trend. Trend akan tetap berlangsung sampai ada sinyal pembalikan arah yang kuat yang biasanya ditandai dengan low price yang menurun (seperti pada harga di kanan bawah). Tujuan Dow mengidentifikasi trend adalah mengikuti pergerakan trend. Bukannya untuk melawan trend yang sedang berlangsung kecuali sudah terjadi konfirmasi pembalikan arah yang kuat.

TREND SEKUNDER (TREND MEDIUM)
Dalam teori Dow, jika trend primer adalah arah  utama pergerakan pasar, maka trend sekunder  adalah koreksi-koreksi yang harga bergerak melawan trend primer tersebut. Trend sekunder lah yang membentuk low price untuk trend  menaik. Dan high price untuk trend menurun.

Trend Sekunder

Dari chart di atas kita dapat melihat garis biru yang ditarik dari harga high sampai pada low price pada setiap koreksi. Garis biru tersebutlah yang dimaksud dengan trend sekunder. Jika anda perhatikan saat sedang berlangsung, trend sekunder terkadang memiliki volatilitas yang lebih tinggi dibanding trend primer.

TREND MINOR
Jenis terakhir dalam trend adalah trend minor yang biasanya bergerak tidak lebih dari tiga minggu (trader saat ini sering menggunakan chart daily untuk melihat trend minor). Trend minor  merupakan detil pergerakan trend sekunder (medium) yang kita lihat sebelumnya. Jika trend sekuder merupakan koreksi dari pergerakan trend primer. Maka trend minor adalah koreksi dari pergerakan harga trend sekunder. berarti pergerakan harga trend minor sama dengan trend primer dan berlawanan dengan pergerakan harga trend sekunder.

Trend Minor

Chart diatas terlihat garis biru yang  merupakan trend sekunder dan garis berwarna jingga yang merupakan trend minor. Trend minor sangat jarang digunakan oleh para pengikut dow karena pengikut Dow adalah investor dalam jangka panjang. Maka mereka hanya memperhatikan trend primer dan trend sekunder. Namun jika anda adalah short term trader, mungkin trend minor akan memberikan anda pandangan baru dalam melakukan transaksi. Namun, disarankan oleh Dow tetap fokus pada trend besar, karena jika kita terlalu fokus pada trend minor, maka kita akan melupakan gambaran besar sebuah trend. Menurut Dow semakin panjang periode sebuah trend, semakin penting pula trend tersebut.  Dengan mengetahui tiga jenis trend anda akan lebih paham sekarang mengapa terkadang anda  mendengar seorang analis market mengatakan trend sedang naik dan yang satunya menyatakan trend sedang bergerak turun. Itu semua  tergantung dari mereka mengambil acuan trend mayor, trend sekunder, atau trend minor.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.