Header Ads

Zero Spread Account

ASCENDING & DESCENDING TRIANGLE

Ascending dan Descending Triangle adalah pola yang mirip seperti Symmetrical Triangle, perbedaannya adalah pada garis puncak atau lembah yang tidak membentuk kemiringan melainkan cenderung mendatar. Ada beberapa poin penting yang harus kita ketahui mengenai pola Ascending dan Descending Triangle, diantaranya:
  1. Pola Ascending dan Descending Triangle merupakan pola kelanjutan tren.
  2. Dalam proses pembentukkannya, pola tersebut haruslah didahului dengan adanya sebuah tren.
  3. Pola Ascending dan Descending Tiangle biasanya terlihat mempunyai bentuk segitiga siku-siku dimana salah satu sisinya harus memiliki garis yang horizontal.
  4. Konfirmasi dari pola tersebut terletak pada upper triangle (untuk kondisi bullish) dan lower triangle (untuk kondisi bearish).
  5. Pada umumnya pola triangle harus dapat terkonfirmasi pada kisaran 2/3 - 3/4 jarak antara base hingga apex.
  6. Target dari pola Ascending dan Descending Triangle adalah setinggi base dari triangle tersebut.
Pola Ascending Triangle

Gambar diatas merupakan contoh pola Ascending Triangle. Pada umumnya Ascending Triangle terjadi pada saat uptrend. Jika pada kondisi uptrend terjadi sideway yang mengerucut disertai dengan garis upper yang sejajar, maka inilah tanda-tanda awal akan terbentuknya sebuah triangle. Kita dapat menarik garis yang menghubungkan titik-titik puncak dan lembah yang dibentuk oleh pola sideway tersebut. Tembusnya upper triangle mengindikasikan bahwa pola ascending triangle ini sudah terbentuk dan kemungkinan harga akan mulai bergerak naik. Kita dapat menentukan target pergerakan selanjutnya adalah setinggi "base".
Pola Descending Triangle

Gambar diatas menunjukkan pola Descending Triangle. Pola ini sederhananya merupakan kebalikan dari pola Ascending Triangle, dimana terjadi pada saat downtrend. Jika terjadi sideway yang membentuk dua titik lembah sejajar, kita dapat menarik garis yang menghubungkan kedua puncak dan lembah yang akan membentuk triangle. Jika harga bergerak menembus garis lower triangle, kita dapat mengkonfirmasi pola Descending Triangle telah terbentuk. Kita dapat membidik target pergerakan turun setinggi "base".

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.